Friday, September 25, 2015

NSR 150 SP

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada tahun 1997, AP Honda Thailand meluncurkan NSR 150 SP. NSR 150 SP ini dibuat Honda sebagai suatu bentuk penghargaan kepada Michael Doohan di ajang GP500. NSR 150 SP merupakan suksesor dari NSR 150 R dan NSR 150 RR...

NSR 150 SP dengan silencer tyga...kereeennn...

NSR 150 SP ini hanya beredar di wilayah Thailand dan Asia Tenggara lainnya. Diproduksi oleh AP Honda di Thailand dengan kode produksi KW6N. Di Thailand juga terkenal dengan sebutan N-Pro kependekan dari NSR Pro Arm untuk membedakannya dengan seri-seri NSR yang lain. NSR Model ini desainnya dibuat di Italy, sedangkan part mesinnya dibuat di Jepang dan Thailand. Di Thailand NSR150 SP ini dikenal sebagai ‘Raja Jalanan’ dan juga mendominasi pada arena race seperti FARRC. Ditangan tim thailand dan pembalap Thailand, NSR 150 SP merajai event FARRC...

NSR 500, mirip bukan dengan NSR 150 SP...

NSR 150 SP dan juga NSR 150 new RR pada saat itu diluncurkan Honda Thailand dengan harapan dapat mempertahankan market NSR-nya. Namun dikarenakan naiknya pajak motor 2 tak saat itu dan adanya krisis ekonomi di Asia, angka penjualannya berangsur-angsur melemah. Banyak diantaranya kemudian diekspor ke Australia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia...

dua varian NSR 150 SP, RWB HRC dan Repsol edition...

NSR 150 SP pertama kali masuk Indonesia tahun 2000. Saat itu NSR 150 SP masuk diimport oleh importir umum dan tidak boleh masuk bengkel resmi Honda. Harganya bisa mencapai 40-an juta ditangan importir umum. NSR 150 SP ini merupakan final project dan terbaik dikelasnya...

Untuk mesin perbedaan cukup jelas dengan versi sebelumnya, sebab NSR 150 SP merupakan turunan teknologi dari NSR 250 MC28 versi GP. Dengan adanya pembenahan counter weight crank shaft, untuk meringankan putaran bawah serta meminimalisir getaran saat dipacu hingga top speed. Porting silinder blok juga ada pembenahan, bawaan produk kontur kulit jeruknya tipis...

NSR 150 SP warna RWB khas HRC, tambah langka nih motornya...

Selain itu karbunya juga berganti keihin PE 28. Warna yang beredar memakai konsep warna Repsol dari kombinasi steel blue, putih, dan oranye, serta tambahan aksen merah bertuliskan Repsol. Dan juga beredar versi warna RWB (Red White & Blue) kebanggaan HRC...

salah satu brosur NSR 150 SP di Thailand sono...

Perbedaan yang jelas antara NSR 150 SP dan NSR150 new RR terletak pada eye catching pro arm yang sama dengan NSR 250 MC28. Ditambah lagi dengan ban belakang yang sedikit lebih lebar. Demikian juga chamber dan silencernya yang akan meningkatkan performance namun tidak mempengaruhi emisi gas buang. Walaupun secara teoritis top speed dapat mencapai 200 km/h, namun secara aktualnya top speednya dapat mencapai 180 km/h...


Speknya:

Engine : 1-cylinder two-stroke
Engine : 149cc
Stroke : 59 x 54.5
Horsepower : 39.5 at around 10,500
Torque : 2.75 kg-m at around 10,000.
Transmission : 6-speed a return.
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 122.4 kg
Tire Size : (F) 90 / 80-17, (R) 120 / 80-17 or 130 / 80-17.

Untuk yang pengen tau part list/katalog spare part NSR 150 SP Proarm bisa klik di sini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

1 comment: