Thursday, January 7, 2016

NSR 250 (MC16)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam RC Valve bro n sist...
Kali ini saya akan membahas varian NSR 250 yang paling senior, beliau adalah NSR 250 (MC 16). Motor ini merupakan model pertama dari Honda NSR 250cc. Dirilis untuk pertama kalinya pada musim gugur 1986 (1 Oktober 1986), sebagai model untuk tahun 1987. Motor ini menggendong mesin 2 tak 90 derajat V-Twin tunggal dengan tata letak mesin mirip dengan pendahulunya. Diambil langsung dari teknologi NSR500 dan 250, air intake dimiringkan ke depan 20 derajat dengan sistem reed valve. Karburator yang dipakai berdiameter 28 mm dengan skep datar....

MC 16 warna biru...

Sistem pembuangan menggunakan RC Valve yang timingnya dikendalikan oleh sistem komputer. Silinder menggunakan alumunium yang dilapisi dengan nikel partikel silikon karbid, dijamin menyediakan kemampuan pendinginan ekstrim pada RPM tinggi. Jenis transmisi menggunakan cassette type transmission yang memberikan kekuatan tinggi tanpa mengurangi desainnya yang ringan dan kompak.

MC 16 warna merah...

Frame bagian depan menggunakan aluminium cor. Lengan ayun menggunakan aluminium bertujuan untuk mencapai rigiditas tinggi. Pada waktu itu, NSR menjadi hit besar pada saat dirilis. Honda mencapai volume penjualan tertinggi diatas Yamaha untuk pertama kalinya pada tahun 1987 untuk pasar sportbike 2 tak....

Untuk yang penasaran speknya, monggo silakan disimak tabel berikut:

Model
MC16
Lenght
2.035m
Width
0.705m
Height
1.105m
Wheel Base
1.360m
Ground Clearance
0.135m
Seat Height
0.750m
Weight (Dry)
141 (125)kg
Seating Capacity
2 persons
Fuel Economy
41.0km/l (at 50km/h)
Engine Type
MC16E
two-cycle - liquid cooled
90 degree V-twin cylinder - reed valve
Displacement
249cm3
Bore X Stroke
54.0 x 54.5mm
Compression Ratio
6.2
Maximum Output
45PS/9,500rpm
Maximum Torque
3.6kg-m/8,500rpm
Starting Method
Kick
Ignition
CDI
Oil Capacity
2.2l
Fuel Capacity
16l
Transmission
Constant Mesh 6-speed
Tire Size (Front)
100/80-17 52 H
Tire Size (Rear)
130/70-18 63 H
Brakes (Front)
Hydraulic Dual Disc
Brake (Rear)
Hydraulic Disc
Suspension (Front)
Telescopic (with air spring cylinder)
Suspension (Rear)
Swing-arm (Pro-Link)
Frame
Aluminum, Twin tube.

Demikian, semoga berguna...

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment